Buka puasa bersama

Kemari buka puasa bersama Muslimruhr di rumah pak Edi. Si Akang ikut juga, biasanya dia rada-rada suntuk kalau harus ikutan buka puasa bersama. Tanya punya tanya ternyata sebabnya adalah dia tidak kuat kalau harus jaim alias jaga image. Karena pas liat orang2 Indo kalau buka puasa, Babak pertama minum dan makan cemilan yang kecil-kecil dulu, babak kedua makan kolak atau tajil lainnya, terus shalat Maghrib kemudian babak ketiga dimulai makan besar. Nah si akang mana kuat begitu. Jadi begitu bedug bertalu (eh, lupa disini gak ada bedug) begitu waktu buka puasa tiba, dia harus langsung makan besar dan banyak. Setelah mengkonfirmasi pak Edi yang berusaha meyakinkan si Akang kalau dia bisa langsung makan besar disana dan bahkan ada pak C### yang juga punya kebiasaan yang sama, dia mau juga datang.

Pukul 18.45 Ceramah dimulai. Si akang berusaha berkonsentrasi dengan ceramah yang dibawakan (dalam bahasa Indonesia). Siapa tahu bisa menangkap sedikit- sedikit dan ternyata sepertinya sih tidak, karena wajahnya berubah jadi rada cemberut. Akhirnya aku turun tangan, duduk mendekati si akang jadi penterjemah freelance. Seperti yang aku duga ceramah agama itu susah diterjemahin. Hayo… bagaimana cara menterjemahkan khusnul khotimah dalam waktu singkat.

Pukul 19.18 Alhamdulilah sampai juga pada waktu berbuka. Langsung ngambilin nasi buat si akang plus gado-gado dan bala-bala. Keliatan banget kalau dia lega.

Makanan yang tersedia banyak sekali mulai dari gado-gado, ayam goreng, telur balado dan lain lain yang cepat lenyap sebelum terdeteksi. Cemilannya lebih banyak lagi mulai dari bala-bala, kue pisang yang super enak (ingat minta resepnya), lumpia segitiga, spring roll, kue lapis agar, risoles (yang bikin student diplom cowok pula. Kagum, asli). Teman-teman yang datang mungkin sekitar hampir 50 orang.

Ibu-ibu seperti biasa ngemil sambil ngobrol di dapur. Bapak-bapak yang makan besar duluan. Pas aku ngecek apa si akang baik-baik aja, kelihatannya dia dikerumunin orang-orang tuh, hihihi… Jadi berarti dia baik-baik aja dan ngga cengok sendirian, jadi aku bisa nerusin ngobrol sama ibu-ibu yang lain. Terus ketangkep sama aku pembicaraan mereka ada yang nanya apa dia benar-benar orang Jerman apa bukan, huahahaha… . Memang kita jarang datang pengajian sih dan si akangku itu emang ngga bule banget keliatannya (no fair hair and blue eyes) pakai batik dan peci pula hari ini. Mungkin hari ini dia lebih keliatan kayak orang Indo, hehehehe…. cuman belum bisa ngomong bahasa Indonesia aja.

Salah strategi karena membiatkan bapak-bapak makan duluan. Lauknya masih banyak tapi nasinya sudah habis. Terpaksa menunggu nasi matang dulu, padahal duh…duh… lapar. Pas shalat Maghrib ampir telat sekitar jam 20.00 tau-tau pak Edi teriak-teriak: Ini yang belum makan, nasinya udah matang. Hampir loncat kalau ngga ingat lagi shalat berjamaah.

Bulan puasa ini si Akang agak kecewa karena udah bocor satu hari. Padahal 2 tahun berturut-turut dia tamat, plus 6 hari puasa Syawal pula. Gara-garanya abis pulang kemping itu kayaknya dia kecapekan, kurang tidur dan memang lagi radang tenggorokan sih, keesokan hari sehabis kemping masih bisa tamat. Tetapi sesudah buka, tiba-tiba demam semalam suntuk. Ya ngga aku bolehin puasa besoknya. Salah aku sih. Lain kali aku ngga akan maksa ngajak jalan yang jauh-jauh kalau lagi puasa.

Comments

Greiche Gege said…
Mbak, pa kabar niy?
indie said…
Kabarnya baik, Ge... tapi laparrrr hehehehe... Gimana Kriwul udah sehat?

(ine)

Popular posts from this blog

Summary of August

Resolusi tahun baru

Akhirnya....