Meminta maaf itu sulit

Dua tahun lalu pada saat menjelang Idul Fithri, saya menulis sebuah email pada seorang teman (???) untuk mengucapkan selamat hari raya Idul Fithri dan maaf lahir bathin. Jawabannya cukup mengejutkan, yaitu ' kok enak saja manusia meminta maaf, kalau begitu buat apa Tuhan menciptakan neraka'. Entahlah itu maksudnya untuk tidak memaafkan saya, mendoakan saya masuk neraka atau lagi kesal pada saya. Sejak itu saya agak berhati-hati mengucapkan kata maaf lahir bathin pada hari raya Idul Fithri. Jadi terkadang hanya selamat Idul Fithri saja dan lihat-lihat orangnya dulu.
Tetapi pada kesempatan ini saya dan Arnulf dengan segala kerendahan hati mengucapkan :
Selamat hari raya Idul Fithri
Mohon maaf lahir dan bathin atas segala kekeliruan dan kesalahan.
Semoga Allah SWT menerima ibadah Ramadhan kita dengan segala kekurangannya.
Dan kita termasuk pada golongan orang-orang yang menang.
Amien.

Sampai jumpa saat berikutnya dalam kisah lebaran.

Comments

Piw said…
mungkin neraka buat orang yg sulit memaafkan kikikikik. hushhh!

maaf lahir bathin juga ya teh Ine ... met lebaran.
Huahahahha

selamat lebaran juga yahh
maaf lahir bathinn

kumaha kambing dah nemu? hihihi

:masih berkutat dengan ungkep hayam 10 kilo:
KhRIY said…
Ine & Arnulf...we'd like to greet you Happy Eid, may Allah swt include us in the group of people who win...'n may we still get chance to meet next Ramadhan. Taqabalallahu Minna wa Minkum, Shiamanna wa Shiamakum...~Ria & Family - Cairo~
Anonymous said…
Lieve Ine ,

Selamat hari raya idul fitri , dan maaf lahir dan batin , semoga Ine sekeluarga bahagia dan sejahtera selalu dalam kasih Tuhan YME .Amien .

Liefs ,

Susie .
The_Fathins said…
Met lebaran teh Ine. Mohon maaf lahir batin juga dari the Fathins :)

Düss katanya kota tempat orang kaya Jerman yah? boleh deh nanti kapan-kapan maen....mungkin pas kita udah mau balik ke Ina.
putri said…
Biarkanlah yang berkomentar begitu. Yang penting tulus meminta maaf, kalau tak dimaafkan manusia ya... berharap dari yang punya hidup. Allah Maha Pengampun.

Met Idul Fitri, maaf lahir batin ya...
Dessi said…
Heureux d'Aid El Fitr
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1427,

Mohon maaf lahir dan batin....

Salam,
Dessi - Marseille
Anonymous said…
Ine dan Arnulf, selamat hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin :)

Semoga maaf saya diterima ya :) Kayaknya memang sudah saatnya meminta maaf, pasti ada aja yang saya lakukan atau ucapkan yang tidak berkenan...
Frau Diesellllllllll

apdet frau dieseeellllllll
si inot said…
hi ne... gimana kabarnya... aku lagi ngebutn ih baca crita lebaran yg lewat.

wah, temen loe itu sadis amat. ehehe.. tuhan kan jg maha pengampun, kl ada neraka tuh buat orang ya kayak dia tuh. hihihi...

btw aku tuh aneh jg ne. aku suka maapin orang, tp kagak mau urusan ama orang itu lagi, krn aku tau, karakter orang itu susah berubah alias musang gak akan kehialangan bulunya. drpada brantem lagi, mending aku menjauh aja. dadahin bae.. kl orang bilang, brarti inot maapinnya gak ikhlas. ikhlas, cuma prefentief aja, ntar malah sakit hati lagi kl masih kontak2 gitu.

yuk ah mo ashar dulu. cape banged, kmrn abis silaturahmi, aku suka rela masak2. ujung2nya cape nih, idung meler dan meriang ini badan..

Popular posts from this blog

Summary of August

Resolusi tahun baru

Akhirnya....